Sosial oleh: Al Ridwan™

Pemilu

Pemilu dari kata dasar pilu, yang artinya sangat sedih atau terharu. Pemilu berarti sesuatu atau seseorang yang membuat suasana menjadi sangat sedih, atau menjadi terharu karena keadaan yang dikondisikannya.

Islam Oleh: Al Ridwan™

Wali Songo

Islam masuk ke pulau Jawa dibawa oleh para pedagang Gujaraj, perkembangan islam waktu itu hanya sebatas di daerah pesisir atau pelabuhan dimana para pedagang Gujaraj tinggal, sebagian kecil pribumi di pesisir yang menikah dengan pedagang Gujaraj memeluk agama Islam.

Komputer Oleh: Al Ridwan™

Masalah Posting pada Blog

Artikel ini saya tuliskan bagi mereka yang mengalami kesulitan waktu posting. Posting yang kita lakukan, hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapan. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan :

Cerita Misteri Oleh: Al Ridwan™

Candi Wayang

Langit cerah, udara sejuk terasa. Pemandangan yang indah yang dipenuhi dengan dedaunan hijau yang rimbun, daun padi yang mulai menguning mengiringi langka rombongan pemuda untuk mendaki ke Samiaji yang terdiri dari lima orang laki-laki dan satu perempuan.

Puisi Oleh: Al Ridwan™

Cinta Terpendam

Apakah engkau merasa
kalau asmara di dalam dadaku
sedang bergelora

Puisi Oleh: Al Ridwan™

Pernikahan

Wanita kurang mampu melindungi dirinya
tetapi lebih mampu menjaga perbuatannya
Lelaki lebih mampu melindungi dirinya
tetapi kurang mampu menjaga perbuatannya

Tutor Blog Oleh: Al Ridwan™

Mengubah Icon Blog

Sebagian blogger menginginkan Icon dari blognya (Paficon) sesuai dengan gambar mereka (bukan icon bawaan dari blogger). Icon tersebut dapat diganti dengan cara sebagai berikut :

Tutor Blog Oleh: Al Ridwan™

Posting Artikel Multi Kolom

Sebagian blogger menginginkan Icon dari blognya (Paficon) sesuai dengan gambar mereka (bukan icon bawaan dari blogger). Icon tersebut dapat diganti dengan cara sebagai berikut :

TOKOH SIARAN, TOKOH SIALAN, TOKOH KARBITAN DAN TOKOH PUJAAN

Tokoh sebenarnya mempunyai arti rupa (wujud atau keadaan). Sedangkan seseorang sebagai tokoh dapat diartikan : Seseorang (rupa) yang terkenal (tenar) karena kiprahnya, tindak-tanduknya, atau tingkah lakunya baik di dalam masyarakat kecil ataupun luas atau di dunia nyata. Tokoh dalam dunia sekarang dapat diartikan sebagai public figure, yang dapat menjadi trend center.

Tidak semua tokoh mengandung pengertian yang baik, tergantung dari sebutan yang melekat sesudah kata tokoh, misalnya : Tokoh dunia hitam maka dapat diartikan orang yang terkenal karena kiprahnya di dunia hitam (kejahatan).

Berhubungan dengan trend center adalah sangat tidak baik bila kita menokohkan seorang dari dunia hitam (seseorang yang terkenal karena kiprahnya dalam kejahatan), karena hal ini akan membawa kita pada peniruan prilaku yang tidak baik ataupun kurang terpuji dan melanggar hukum atau agama.

Adapun jenis tokoh dari cara memperoleh sebutan tersebut ada 4 :

TOKOH SIARAN
Adalah seorang tokoh yang ketenarannya diperoleh dari propaganda, pengiklanan, ataupun publikasi diri agar terkenal. Kita tidak kiprah yang sesunggunya di dunia nyata. Ia sebenarnya seorang yang baik atau buruk, seseorang yang membawa manfaat bagi masyarakat atau sebaliknya.

TOKOH SIALAN
Adalah seorang tokoh yang kiprahnya di dunia nyata selalu membawa kemalangan atau kesialan baik bagi dirinya maupun orang lain, walaupun ia tidak bermaksud untuk melakukan hal seperti itu.

TOKOH KARBITAN
Sebagian besar orang meniru orang tuanya, yang sukses dan berhasil menjadi tokoh yang makmur. Bila pendahulunya tidak demikian (sukses/makmur) maka seorang anak tidak akan mengikuti jejak orang tuanya.
Tokoh karbitan adalah tokoh yang hanya mendompleng kepopuleran orang tuanya sebagai tokoh, sedangkan kiprahnya di dunia nyata tidak terlihat atau tidak lebih baik dari pendahulunya.
Menjadi tokoh karena mendompleng ketenaran pendahulunya boleh-boleh saja, tapi harus diikuti dengan kiprah di dunia nyata, dan kalau bisa lebih baik dari pendahulunya.

TOKOH PUJAAN
Adalah tokoh yang banyak melakukan tindakan terpuji dan membawa banyak manfaat di dunia nyata tanpa mengharapkan imbalan atau pamrih dari siapapun. Tokoh seperti ini, sekaran ini kiranya hanyalah sebagai Tokoh Harapan atau Tokoh Impian. Tokoh yang selalu diharapkan dan diimpikan kehadirannya di dunia nyata, namun tidak kunjung datang.

Banyak dari tokoh-tokoh sekarang masuk dalam kriteria ke satu, dua dan tiga, namun tokoh pujaan sangat langkah. Kalaupun ada jumlah perbandingannya sangat kecil jika dibanding dengan jumlah ketiga jenis tokoh lainnya. Kalaupun ada maka keberadaannya akan sangat diragukan oleh masyarakat karena hampir semua Tokoh tidak masuk dalam kriteria ini, walaupun tokoh seperti ini sangat diharapkan, didambahkan dan diimpikan keberadaannya untuk membangun menuju kemajuan.

Lalu, masuk ke dalam golongan manakah Tokoh Anda ?????



Artikel Lain Yang Terkait :


Komentar :

ada 2 komentar ke “TOKOH SIARAN, TOKOH SIALAN, TOKOH KARBITAN DAN TOKOH PUJAAN”
Anonim mengatakan...
pada hari 

Kalau tokoh yang angin-anginan, kadang baik, kadang jelek masuk mana

ridwan sukardi mengatakan...
pada hari 

Kalau demikian masuk dalam Tokoh Sialan, Mas......!!!!

Posting Komentar

Next previous home